Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Kepuasan atas Kinerja Jokowi-JK Capai Titik Terendah

News & Blog

CNNINDONESIA.COM – Lembaga jajak pendapat Poltracking merilis hasil survey terbaru mereka tentang kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Poltracking menyebut, sebanyak 48,5 persen narasumber mereka menyatakan tidak puas pada hasil kerja sementara Kabinet Kerja.
Angka ketidakpuasan tersebut lebih rendah dibandingkan presentase narasumber yang menyatakan puas terhadap pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yakni 44 persen.
Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha mengatakan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Kabinet Kerja ini merupakan yang terendah dalam enam bulan terakhir. “Kalau kami tracking, ini yang terendah. Survey-survey sebelumnya, kepuasan pada pemerintah belum ada yang di bawah 50 persen,” ujarnya di Hotel Sofyan, Jakarta, Minggu (19/4).
Hanta mengemukakan, berdasarkan jajak pendapat terhadap 1200 responden itu, kekecewaan masyarakat paling besar merujuk pada kinerja pemerintah di bidang ekonomi, yakni sebanyak 52,2 responden.
Hanta berkata, hal ini setidaknya disebabkan tiga hal, yaitu instabilitas dan fluktuatifnya harga bahan pokok, kenaikan harga bahan bakar minyak serta daya beli masyarakat yang menurun akibat tidak meningkatnya penghasilan mereka.
Terkait penghasilan, Poltracking juga memotret kecenderungan masyarakat yang tidak mengalami mendapatkan kenaikan penghasilan sejak setahun lalu.
Dalam data survey itu terlihat, sebanyak 55 persen responden mengaku penghasilan rumah tangga mereka tidak berbeda dengan tahun lalu. Bahkan, mayoritas dari mereka juga pesimis pengasilan rumah tangga mereka sama melonjak tahun depan.
Tidak hanya ekonomi, Poltracking juga mencatat ketidakpuasan masyarakat pada pemerintah di dua bidang lain, yaitu keamanan serta hukum dan pemberantasan korupsi.
Hanta menuturkan, faktor ketidakpuasan itu tak jauh dari konflik antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri, merebaknya gerakan Islamic State in Iraq and Syria dan maraknya aksi pencurian dengan kekerasan alias begal di jalanan. (baca juga: Penilaian Menteri Bahan Reshuffle Masuk Pembicaraan KIH)
Secara garis besar, Hanta menilai ketidakpuasan publik terhadap pemerintah telah mencapai angka yang mengkhawatirkan. “Ini seharusnya menjadi alarm bagi pemerintah untuk melakukan evaluasi,” katanya.
Evaluasi tersebut, menurut Hanta, salah satunya dapat berwujud perombakan susunan menteri pada Kabinet Kerja.
“Evaluasinya ada di bidang tadi, kami tidak merekomendasikan siapa yang perlu dirombak. Tapi lihat saja hasil ketidakpuasan masyarakat,” ucapnya. ( (pit)
 
Sumber:https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150419161624-32-47719/kepuasan-atas-kinerja-jokowi-jk-capai-titik-terendah/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.