Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Cawapres Jokowi Harus yang Bisa Melengkapi

News & Blog

TEMPO.CO – Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda, berpendapat calon wakil presiden yang cocok untuk Joko Widodo ialah tokoh yang dapat melengkapi kekurangan Gubernur Jakarta itu. Menurut Hanta, figurnya bisa dari purnawirawan militer atau sipil.

“Dengan catatan, Jokowi tak salah pilih wakil,” ujar Hanta dalam diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 15 Maret 2014. Namun, Hanta enggan menyebutkan beberapa nama yang cocok untuk mendampingi mantan Wali Kota Solo itu. (Baca: 5 Sindiran Sinis Ruhut Soal Pencapresan Jokowi).

Sebab, komposisi cawapres dalam pertarungan pilpres ke depan masih sangat dinamis. Hanta memprediksi, tiap-tiap capres yang sudah resmi, termasuk Jokowi, akan menunggu hasil pemilu legislatif terlebih dahulu. “Untuk membuka kemungkinan koalisi,” ujarnya. (Baca: Jokowi: Bismillahirrahmanirrahim, Saya Siap!).

Hasil survei Cirus Surveyor Group, misalnya, menyatakan Jokowi akan mendulang suara besar siapapun wakilnya. Sebanyak 38,5 persen dari 2.200 responden memilih pasangan simulasi Jokowi-Puan. Denggan simulasi pasangan Jokowi-Jusuf Kalla meraih kepercayaan dari 52,8 persen responden. (Baca: Ruhut: Jokowi Capres, Indonesia Tunggu Kehancuran).

“Suara ini yang tertinggi,” ujar Direktur Riset Cirus, Kadek Dwita Apriani. Suara tinggi lainnya, kata Dwita, juga akan diraih Jokowi jika dipasangkan dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Masing-masingnya mendapat 47,6 persen dan 43,5 persen.

Hasil telesurvei Soegeng Soerjadi School of Government menyatakan, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sangat cocok menjadi wakil presiden Joko Widodo. Hasil survei tersebut menyatakan pasangan ini dipilih oleh 18,8 persen dari 1250 responden di 10 kota besar Indonesia.

Sedangkan 9,28 persen responden memilih Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai wakilnya Jokowi. Angka tersebut menempatkan Ahok di urutan kedua dalam survei yang diadakan sejak 10 Februari hingga 5 Maret 2014 itu.

Sumber: Tempo, Minggu 16 Maret 2014

Link :http://pemilu.tempo.co/read/news/2014/03/16/269562579/Cawapres-Jokowi-Harus-yang-Bisa-Melengkapi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.