Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

DPD RI, Pilihannya Kembali ke Khitoh atau Bubarkan Saja

News & Blog

POSKOTA.COM – DPD RI sekarang mengalami fase paling rendah, yakni ketika terjadi perebuatan kekuasaan pimpinan lembaga parlemen di Senayan itu. Pilihannya, untuk saat ini, kembali ke khitoh berjuang untuk daerah, atau bubarkan saja dan hanya ada uni kameral DPR.
“Dari awal,  DPD RI itu dibentuk untuk perwakilan, memperjuangkan daerah, bukan seperti DPR yang memperjuangkan visi dan misi,” kata pengamat politik Hanta Yuda dalam diskusi Sindo Trijaya, di Cikini, Jakpus, Sabtu (8/4/2017).
Menurut dia, dari pembentukannya DPD RI itu anggotanya pribadi-pribadi, kalau sekarang ada monopoli oleh parpol, itu menyalahi khitoh. “Oleh karena itu, atas kondisi sekarang, pilihannya, mari kita kembalikan ke khitohnya, atau bubarkan DPD RI dan mendadakan penguatan DPR sebagai lembaga parlemen uni kameral,” katanya.
Sebenarnya, dia setuju dengan penguatan kewenangan DPD RI. Penguatan itu bahkan untuk harus ekstrim, yakni punya kewenangan budgeting (penganggaran negara), legislasi, dan pengawasan. Untuk legislasi, kewenangannya harus riel.
“Oke, kalau kewenangan legislasi untuk daerah, itu harus bekerja benar-benar tidak sekedar menyampaikan usulan saja ke DPR,” katanya. (win)
Sumber: http://poskotanews.com/2017/04/08/dpd-ri-pilihannya-kembali-ke-khitoh-atau-bubarkan-saja/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.