Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Hanta Yudha : Ini Tantangan Golkar Jelang Pemilu Serentak

News & Blog

RMOL.CO – Partai Golkar akan menghadapi tantangan yang tidak mudah jelang masa pemilu tahun depan.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mencatat bahwa basis utama Golkar semakin menipis karena ada pergeseran usia pemilih. “Itu adalah tantangan Golkar ke depan. Kalau Golkar masih memakai paradigma lamanya kemudian tidak melakukan rebranding akan sulit,” ujarnya saat diskusi bertajuk ‘Refleksi 1 Tahun Partai Golkar Kepemimpinan Setya Novanto’ di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Minggu (21/5).
Selain itu, Yuda menilai bahwa Partai Golkar belum mampu menunjukkan kebaruannya pasca terlaksanya Munas Bali. Partai berlambang pohon beringin itu juga nampaknya belum bisa menuntaskan sejumlah polemik di internalnya sendiri.
“Golkar teruji untuk melawan musuh-musuhnya di luar. Namun musuh Golkar sesungguhnya adalah dirinya sendiri. Bagaimana kemampuan mengolah faksionalisme di internal,’ tambahnya.
Tantangan ketiga Partai Golkar, menurut Yuda datang dari relasi eksternal partai. Baik antar partai maupun relasi kekuasaan. Makin tinggi beban seorang pemimpin di Golkar, maka semakin tinggi pula ketergantungan partai pada eksternal, dalam hal ini penguasa.
“Jika Golkar memilih ketua Umum yang memiliki basis elektoral yang tinggi, punya masalah di luar yang tinggi, maka tingkat ketersanderaan Golkar terhadap faktor di luarnya semakin tinggi,” imbuh Yuda.
Meski begitu, Yuda melihat, Golkar termasuk partai yang mudah melakukan adaptasi dan melakukan pergerakan politik yang dinamis. Pasca reformasi, Golkar tidak pernah mengalami masa ketergantungan terhadap satu sosok figur saja.
“Kita sering mengistilahkannya, tidak ada pemilik saham tunggal di Golkar, itu kelebihannya. Sehingga kalau ada perubahan relatif lebih mudah dinamisasinya. Jadi ada semacam Golkar itu partai yang kalau dari luar relatif demokratis tapi kalau didalamin mungkin lebih lemah,” pungkas Yuda. [ian]
MINGGU, 21 MEI 2017 , 22:14:00 WIB | LAPORAN: LILIS VARWATI
SUMBER : http://politik.rmol.co/read/2017/05/21/292246/Ini-Tantangan-Golkar-Jelang-Pemilu-Serentak-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.