Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Kenali Tiga Model Kampanye yang Kerap Dilakukan Calon Maupun Timses di Pilkada

News & Blog

TRIBUNNEWS.COM – ‎Pengamat politik dari Pol-Tracking, Hanta Yuda menyebut ada tiga model kampanye yang kerap dilakukan pasangan calon maupun tim sukses.

Tiga model kampanye itu dapat menghasilkan efek positif dan juga negatif‎.

“Tiga model kampanye ada tiga, kampanye positif, negatif dan kampanye hitam atau black campaign,” kata Hanta di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/10/2016).

‎Hanta menuturkan, kalau kampanye positif dilakukan berdasarkan fakta dan data bukan fitnah semata.

Sementara kampanye hitam biasanya berisi fitnah yang bertujuan menjatuhkan lawan secara tidak sehat.

“Untuk fitnah ini akan menjadi tugas aparat penegak hukum. Karena itu kita harus tingkatkan pemilih yang rasional dan pencitraan berbasis fakta agar demokrasi kita lebih berkualitas,” tutur Hanta Yuda.

Masih kata Hanta, ‎dalam proses demokrasi, sebuah transparansi khususnya dalam proses kandisasi dari nama-nama calon kandidat dilakukan secara obyektif.

Dirinya mencontohkan, kalau di Amerika, nama calon itu sudah terjadi proses di internal parpol dan masyarakat mengetahui sejak perekrutan itu.

“Tapi, kita tiba-tiba muncul tiga kandidat A, B, dan C, yang tidak diketahui proses pencalonannya sebagai kepala daerah. Seperti di Jakarta ini. Karena itu wajar kalau calon kepala daerah di Indonesia lebih menekankan kepada popularitas, dan isi tas (uang),” ujar Hanta Yuda.

Sumber: http://www.tribunnews.com/nasional/2016/10/11/kenali-tiga-model-kampanye-yang-kerap-dilakukan-calon-maupun-timses-di-pilkada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.