Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Mayoritas Warga Sulsel Puas Kinerja Gubernur Dua Periode

News & Blog

METROTVNEWS.COM – Masyarakat Sulawesi Selatan disebut puas dengan kinerja gubernur dua periode Syahrul Yasin Limpo. Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil survei lembaga riset Poltracking Indonesia delapan bulan jelang pemilihan gubernur yang baru.
Senior Manager Riset Poltracking Arya Budi menyebutkan, sebanyak 50,38 persen responden cukup puas dengan kinerja Syahrul dalam memimpin pemerintahan provinsi. Lalu 10,10 persen lainnya mengaku sangat puas. “Sehingga bisa dikatakan 60,48 persen publik puas dengan kinerja gubernur. Secara kuantitatif, angka kepuasan in itidaklah rendah karena berada di atas 50 persen,” kata Arya saat merilis hasil survei Poltracking di Makassar, Sulsel, Minggu 24 September 2017.
Manager Public Relation Poltracking Iqbal Themi menjelaskan, survei penilaian kinerja gubernur digelar secara independen pada periode 10-17 Agustus 2017. Survei melibatkan 800 responden, dengan sampel berasal dari seluruh desa yang tersebar di Sulsel. Riset menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 3,5 persen.
Arya mengungkapkan, umumnya mayoritas responden puas dengan kinerja gubernur Syahrul pada sejumlah bidang. Di antaranya kinerja pemerintah mengatasi pengangguran, pembangunan infrastruktur, pengendalian harga, penyediaan listrik, dan pengembangan potensi pariwisata. Demikian halnya pada upaya peningkatan fasilitas pendidikan dan kesehatan.
Meski demikian, responden tetap menjadikan isu di atas sebagai persoalan penting yang harus ditingkatkan ke depan. Sebanyak 20,97 persen responden misalnya, menyebut pembuatan dan perbaikan jalan mesti jadi prioritas. Lalu 16,37 persen menginginkan perbaikan fasilitas pendidikan, dibandingkan 14 persen yang ingin pembenahan layanan listrik.
“Hanya 8,06 persen yang mengeluhkan soal pelayanan publik. Sehingga isu perbaikan infrastruktur akan sangat relevan diakomodir para alon gubernur pada pilkada tahun depan dibandingkan isu lainnya,” ujar Arya.
Terlepas dari calon yang akan terpilih nanti, masyarakat Sulsel, kata Arya, menginginkan gubernur yang baru nantinya melanjutkan sejumlah program strategis. 27,62 persen di antaranya menginginkan penciptaan lapangan kerja, 12,79 persen mendambakan pengendalian harga kebutuhan pokok. Masyarakat juga berharap program pendidikan gratis dan kesehatan gratis tidak dihentikan, dengan presentase keinginan publik 10,87 persen dan 6,01 persen.
“Sejauh ini 74 persen publik belum menentukan pilihannya di pilgub. Mereka menunggu apakah kandidat menawarkan visi, misi, dan program yang sesuai dengan keinginan mereka,” Arya melanjutkan. (ALB)
Penulis : Andi Aan Pranata
sumber : http://news.metrotvnews.com/daerah/GKdgr3rk-mayoritas-warga-sulsel-puas-kinerja-gubernur-dua-periode

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.