Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Poltracking Indonesia: Kasus Setnov jadi salah satu penyebab Golkar disalip Gerindra

News & Blog

Merdeka.com – Partai Gerindra menyalip posisi Partai Golkar dalam tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik. Hal ini terpapar dalam hasil survei Poltracking Indonesia.
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menilai banyak faktor yang mengakibatkan Golkar berada di bawah Gerindra. Usai merilis hasil survei, Yuda mengatakan, faktor penahanan Ketua Umum Golkar, Setya Novanto atas dugaan tindak pidana korupsi proyek e-KTP, menjadi salah satu faktor besar merosotnya citra Golkar saat ini. Polemik itu menjadi batu loncatan bagi partai besutan Prabowo Subianto, Gerindra.
“Sebenarnya ada dua untuk membaca perubahan ini, kenaikan Gerindra dan penurunan Golkar. Gerindra mengalami insentif elektoral dari Prabowo Subianto,” ujar Hanya Yuda, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (26/11).
Dia juga menilai, jika segala konflik internal di partai berlambang pohon beringin itu tidak terselesaikan dengan baik, citra buruk akan terus melekat pada Golkar. Belum lagi indikasi adanya kubu di tubuh Golkar dalam memberikan dukungan politik kepada Joko Widodo untuk maju Pilpres 2019 nanti.
Padahal, imbuh Yuda, perhatian publik terhadap Golkar memunculkan tren positif saat deklarasi dukungannya kepada Jokowi.
“Ternyata Golkar dukung Jokowi belum terkapitalisasi, belum terasosiasi kuat. Bahwa mendapatkan insentif elektoral itu dari mendukung Jokowi,” ujarnya.
Sementara itu, dari hasil survei Poltracking, Partai Golkar hanya menduduki posisi ketiga sebagai partai politik yang dipercaya oleh publik dengan raihan 10,9 persen. Angka tersebut jauh dibanding PDIP dengan raihan 23,4 persen dan Gerindra 13,6 persen.
Survei yang dilakukan sejak 8-15 November itu melibatkan 2.400 responden dengan metode survei yang digunakan adalah stratified multistage random sampling dan tingkat kekeliruannya kurang lebih 2 persen. [dan]


sumber: https://www.merdeka.com/politik/poltracking-indonesia-kasus-setnov-jadi-salah-satu-penyebab-golkar-disalip-gerindra.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.