Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Survei Poltracking: PDIP dan Gerindra partai paling dipercaya publik

News & Blog

Merdeka.com – Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik saat ini. Hasilnya, PDIP dan Gerindra berada di posisi teratas.
Survei dilakukan sejak 8-15 November. Melibatkan 2.400 responden. Metode survei digunakan stratified multistage random sampling. Tingkat kekeliruannya kurang lebih 2 persen.
Direktur Eksekutif Hanta Yuda mengatakan, tingkat kepercayaan publik memang belum mencapai angka signifikan. Masih berkutat pada 38,1 persen. Hanya berselisih sedikit dari ketidakpercayaan terhadap partai politik 29,2 persen.
“38,1 Persen publik percaya terhadap partai politik. Ada berbagai macam faktor kepercayaan publik di sektor ini, salah satunya kedekatan pemilih dengan partai politik,” ujar Hanta, Minggu (26/11).
Berdasarkan data yang ada, ada lima partai politik mendapat tingkat kepercayaan publik. Pertama, PDIP dengan perolehan elektabilitas 23,4 persen, disusul Partai Gerindra 13,6 persen, Partai Golkar 10,9 persen, PKB 5,1 persen, dan Demokrat 4,2 persen.
Hanta mengatakan selain adanya kedekatan dengan pemilih, latar belakang publik percaya dengan partai politik tersebut karena mempunyai visi misi dan program kerja sesuai, mempunyai tokoh partai yang diidolakan, sesuai dengan keyakinan atau ideologi.
Kendati demikian, Yuda mengingatkan persentase rasa ketidakpercayaan publik terhadap partai politik perlu diperhatikan. Angkanya 29,2 persen.
“Memang ada jarak, tapi perhatikan juga dengan persentase tidak tahu atau yang tidak menjawab, ada di angka 32,7 persen,” ujarnya.
Lebih lanjut, Hanta mengatakan, meski PDIP dan Gerindra memiliki elektabilitas dua tertinggi dibanding partai politik lain, survei juga menunjukan posisi keduanya cukup jauh berseberangan. Hal ini ditandai dengan hasil survei yang menunjukan PDIP meraih elektabilitas 54,3 persen sebagai partai politik pendukung pemerintahan Jokowi-JK, sedangkan Partai Gerindra dianggap sebagai partai politik yang sering menentang pemerintahan Jokowi-JK dengan raihan 24,4 persen. [did]


sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/survei-poltracking-pdip-dan-gerindra-partai-paling-dipercaya-publik.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.