Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Survei: Publik Puas dengan Kinerja KPK dan TNI di Era Reformasi

News & Blog

BERITASATU.COM – Hasil survei Poltracking Indonesia terkait evaluasi publik mengenai kinerja institusi demokrasi selama 17 tahun reformasi menunjukan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan lembaga demokrasi mendapat kepuasan tertinggi dari publik.
Survei yang dilakukan pada periode 23-31 Maret 2015, melibatkan 1.200 responden, yang merupakan warga negara Indonesia, yang berusia minimal 17 tahun, dan bukan anggota TNI/Polri.
Metode pengumpulan data adalah wawancara responden secara tatap muka menggunakan kuesioner. Setiap pewawancara terlatih, bertugas mewawancarai 10 responden untuk satu desa atau kelurahan.
Wawancara dikontrol secara sistematis oleh supervisor pusat dan koordinator wilayah dengan melakukan cek ulang di lapangan sekitar 20 persen dari total data masuk. Ada pun margin of error dalam survei ini sebesar lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen
Dari data survei, berdasarkan penilaian responden terhadap kinerja KPK di Indonesia, sebanyak 69,4 persen menyatakan puas. Hanya 23,1 persen yang menyatakan tidak puas. Sebanyak 7,5 responden menyatakan tidak tahu.
Sementara itu, berdasarkan kinerja TNI di Indonesia, sebanyak 67,9 persen responden menyatakan puas, hanya 20,7 persen yang menyatakan tidak puas. Sebanyak 11,4 persen menyatakan tidak tahu.
Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda kepuasan publik terhadap KPK disebabkan gebrakan dalam keberhasilan mengungkap kasus-kasus besar, seperti skandal korupsi para pejabat setingkat menteri, maupun menyeret para anggota dewan yang tersangkut korupsi ke pengadilan.
“KPK berani menyeret pejabat setingkat menteri dan para anggota dewan ke meja hijau sampai melakukan operasi tangkap tangan,” ujar Hanta saat merilis hasil survei di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (19/5).
Sementara tingginya tingkat kepuasan publik terhadap TNI disebabkan kerja mereka yang konkret dalam penanganan bencana, dalam kecelakaan AirAsia, serta perlindungan kedaulatan negara, dari isu terorisme, hingga separatisme.
Berdasarkan data survei, peringkat kepuasan publik atas kinerja institusi demokrasi secara berurutan adalah sebagai berikut: KPK (69,4 persen), TNI (67,9 persen), KPU (44,8 persen), Presiden (42,7 persen), MK (40,8 persen), MA (38 persen), Kejaksaan RI (36,3 persen), Polri (35,9 persen), DPD (27,1 persen), Partai Politik (24 persen) dan DPR (23,8 persen). [YUS/N-6]
Sumber: http://sp.beritasatu.com/home/survei-publik-puas-dengan-kinerja-kpk-dan-tni-di-era-reformasi/87432

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.