Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Tiga Jenis Pemilih di Pilkada Serentak: Tipe Psikologis Pilih yang Ganteng, Tegas, Santun

News & Blog

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – ‎Pengamat politik dari Pol-Tracking, Hanta Yuda ada tiga macam pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak yang akan dilaksanakan pada 2017 mendatang. Tiga macam pemilih itu, katanya, yakni pemilih rasional, pemilih psikologis, dan pemilih sosiologis.
Menurutnya, pemilih yang rasional jumlahnya cukup kecil dengan mempertimbangkan program kerja, kinerja, tegas, bersih dan sebagainya. “Yang rasional memilih berdasarkan informasi dan pengetahuan terhadap calon, dan psikologis karena ganteng, santun, keras, tegas dan sebagainya. Sedangkan sosiologis berdasarkan pertimbangan suku Jawa, Sunda, Betawi, Batak, Padang dan sebagainya,” tutur Hanta Yuda di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/10/2016).
Hanta juga berharap Pilkada serentak berjalan secara damai dan juga tentu demokratis. Menurutnya, untuk mewujudkan Pilkada damai dan demokratis dibutuhkan netralitas dari penyelenggara pesta demokrasi tersebut.
Menurut Hanta, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) harus menjalankan fungsinya secara optimal khususnya pengawasan kepada KPUD dan Panwas hingga ke daerah-daerah.‎ Terlebih calon tertentu memilliki kedekatan dengan KPUD. “Penyelengggara pemilu dan calon sendiri harus menghindari kecurangan. Jadi, menghindari kecurangan itu harus menjadi komitmen bersama,” kata Hanta.(*)

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasiolan Eko P Gultom

http://www.tribunnews.com/nasional/2016/10/11/tiga-jenis-pemilih-di-pilkada-serentak-tipe-psikologis-pilih-yang-gateng-tegas-santun

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.