Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Wiranto Pimpinan Parpol Paling Siap Nyapres Versi Pol-Tracking

News & Blog

SINDONEWS.COM – Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto, dianggap sebagai pimpinan partai politik (parpol) yang paling siap sebagai calon presiden (capres).

Hal demikian merupakan salah satu kesimpulan dari hasil survei Pol-Tracking Institute dengan tema ‘Mengukur Kualitas Personal Para Kandidat Capres-Cawapres 2014’ yang diumumkan pada hari ini.

Dalam survei yang dilakukan pada Februari hingga Maret 2014 ini, Wiranto memperoleh nilai rata-rata tertinggi, yakni 7,09.

Kemudian, diposisi kedua dari sebelas tokoh ketua partai politik adalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan skor rata-rata 7,08.

“Kemudian disusul Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh dengan skor rata-rata 6,81,” ujar Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda di hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Minggu (23/3/2014).

Kemudian, Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dengan skor 6,72. Lalu, disusul Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) dengan skor 6,70.

Sementara itu, di posisi keenam adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa dengan skor 6,56. Sedangkan, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hanya memiliki skor rata-rata 6,39.

Lalu di posisi delapan yakni Ketua umum PKPI Sutiyoso dengan skor 6,15. Sementara Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali hanya 6,06, Presiden PKS Anis Matta dengan 5,92 serta Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar dengan skor 5,81.

“Karena itu, Wiranto dan Prabowo Subianto jika menggunakan kategori pimpinan tertinggi partai secara otoritas struktural dan kultural merupakan kandidat capres yang paling siap sebagai capres,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, jumlah responden juri penilai adalah 330 Guru Besar atau profesor yang tersebar di semua provinsi di Indonesia. Namun hanya 181 profesor yang bersedia dipublikasikan namanya sebagai responden atau juri penilai.

Hasil yang didapat dalam survei pakar untuk skor total merupakan hasil penilaian setiap tokoh dari tujuh aspek dimensi yang dinilai. Pertimbangan aspek atau dimensi yang dinilai disusun berdasarkan hasil survei maupun focus group discussion (FGD).

Ketujuh aspek dimensi itu adalah integritas, visi dan gagasan, leadership dan keberanian mengambil keputusan, kompetensi dan kapabilitas, pengalaman dan prestasi kepemimpinan, kemampuan memimpin pemerintahan dan negara serta kemampuan memimpin koalisi parpol di pemerintahan.

Sumber: Sindonews, Minggu 23 Maret 2014

Link: http://nasional.sindonews.com/read/2014/03/23/113/846829/wiranto-pimpinan-parpol-paling-siap-nyapres-versi-pol-tracking

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.