Elektabilitas Capres Ketua Parpol, ARB di Posisi Pertama

BERITASATU.COM – Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda mengatakan, berdasar hasil survei yang mereka lakukan dalam hal elektabilitas calon presiden (capres) ketua umum partai politik (parpol) peserta pemilu 2014, nama Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) duduk di urutan pertama.

“Dalam elektabilitas ketua umum parpol, ARB menduduki posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 17,04 persen,” ujarnya dalam survei “Menakar Kandidat Capres dan Perilaku Pemilih dalam Pemilu Presiden 2014,” di Hotel Morrisey, Jakarta Selatan, Minggu (22/12).

Diposisi kedua disusul Ketua Umum Partai Gerindra di angka 15,75 persen atau dengan selisih 1,29 persen. Elektabilitas ini, lanjut Hanta, berbeda dengan elektabilitas capres top of mind dimana Prabowo lebih unggul dibandingkan ARB dengan selisih tipis sebesar 0,05 persen.

Terkait ini, menurut Hanta, dalam elektabilitas top of mind muncul beberapa nama seperti Jokowi, Jusuf Kalla, Mahfud MD atau Dahlan Islan yang bukan pimpinan partai.

“Artinya, melihat perbandingan suara ARB dan Prabowo di dua grafik elektabilitas tersebut, perbedaan posisi elektabilitas ini dipengaruhi oleh hadir tidaknya tokoh non pimpinan partai,” ucapnya.

Lebih lanjut dipaparkan, diposisi ketiga ketua umum parpol muncul nama Megawati Soekarnopitri dengan angka 11,21 persen disusul Woranto 10,12 persen dan Hatta Rajasa 3,01 persen.

Sementara Surya Paloh ada di urutan keenam dengan elektabilitas hanya 1,73 persen, Suryadharma Ali 1,53 persen dan Muhaimin Iskandar 1,23 persen sama dengan posisi Anis Matta.

Disusul kemudian Yusril Ihza Mahenda dengan angka 1,14 persen dan Sutiyoso 0,84 persen dan Syarief Hasan 0,20 persen.

“Meskipun Ketua Umum Partai Demokrat adalah Pak SBY tapi kita masukan disini nama Syarief Hasan karena dia sudah dua periode menjabat Ketua Umum,” jelasnya.

Dipaparkan pula, dalam survei pertanyaan ini, ada 27,5 persen yang menjawab tidak tahu.

Riset survei dilakukan pada 13 September 2013 hingga 11 Oktober 2013 secara serempak di 33 provisi di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 2010 responden berusia minimal 17 tahun dengan margin of error sebesar 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Penarikan sampel survei ini menggunakan metode multi-stage random sampling, sedangkan pengambilan data melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner.

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/156997-elektabilitas-capres-ketua-parpol-arb-di-posisi-pertama.html