Elektabilitas Gatot Bisa Meningkat, Asal Ikut Partai yang Tepat

JawaPos.com – Sosok mantan Panglima TNI (purn) Gatot Nurmantyo terus digadang-gadang menjadi salah satu calon presiden (capres) 2019. Namun lulusan Akademi Militer 1982 itu masih terkendala persoalan tiket capres.

Namun, soal potensi, Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda menilai, Gatot bisa menjadi kuda hitam di pilpres 2019. Hal itu bisa terwujud jika Gatot bisa mendapat kepastian ada partai politik yang mau mengusung dirinya.

“Gatot bisa menjadi kuda hitam kalau mendapat tiket partai,” ungkap Hanta di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/4).
Hanta Yuda

Selain mendapat dukungan partai, lanjut Hanta, Gatot harus siap juga dari segi kekuatan logistik politiknya. Meskipun faktor elektabilitas juga akan sangat berpengaruh. Jika syarat-syarat itu terpenuhi maka Gatot diprediksi dapat melaju ke arena Pilpres 2019.

“Jadi orang punya peluang itu kalau dia punya elektabilitas, dan dia juga bisa menggalang kekuatan logistik politik, kemudian dia punya tingkat penerimaan di partai yang tinggi. Jadi urusan tiket bisa aman,” lanjut Hanta.

Selain faktor tiket yang belum jelas, Gatot juga harus bisa menggenjot elektabilitasnya. Apalagi popularitas Gatot saat ini masih terpaut jauh dengan calon lain seperti Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Oleh karena itu, Hanta menyarankan agar Gatot segera bergabung dengan partai politik guna mendongkrak elektabilitasnya.

“Tapi elektabilitasnya (Gatot) di bawah Jokowi dan Prabowo. Jadi sebaiknya dapat partai dulu untuk naikan elektabilitas,” tegas Hanta.

Meski demikian, pencalonan Gatot jika jadi masuk Gerindra tentunya akan sangat dipengaruhi oleh keputusan yang dibuat Prabowo. Berbagai macam opsi diyakini tengah menjadi bahan pertimbangan mantan Danjen Kopassus itu. Sehingga segala jenis keputusan yang diambilnya akan sangat berdampak pada peta politik 2019.

“Karena yang menentukan pilpres adalah Pak Prabowo, siapa penanatang Jokowi, semua ditentukan Prabowo. Bisa saja menunjuk Gatot atau yang lainnya. Karena peluangnya memang kecil, Prabowo akan bergabung ke Jokowi,” pungkas Hanta.

(sat/JPC)


sumber: https://www.jawapos.com/read/2018/04/24/207135/elektabilitas-gatot-bisa-meningkat-asal-ikut-partai-yang-tepat