Jokowi – JK Pasangan Ideal

Sejumlah kalangan berniat menyatukan mantan Wakil Presiden RI periode 2004-2009 Jusuf Kalla atau JK untuk mendampingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi yang akan maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2014. Karena JK dinilai dapat melengkapi kekurangan Jokowi dan mengetahui sistem tata pelaksanan pemerintah dengan baik, apalagi JK cukup cekatan saat mendampingi Presiden SBY dan menyelesaikan persoalan besar.

Hanta Yuda selaku pengamat politik mengatakan “Orang yang bisa melengkapi Jokowi, Pak JK mungkin bisa masuk karena beliau unggul dalam leadership (kepemimpinan) dalam pengambilan keputusan,” ujarnya di Cikini, Jakarta, Sabtu sore, (15/3/2014).

“Banyak partai politik yang menginginkan Jokowi. Namun sejumlah partai politik harus pintar membangun koalisi. karena akan ada 3 hingga 4 pasangan capres dan cawapres 2014 yang yang ikut bertarung di panggung demokrasi politik Indonesia.” jelas Hanta

Menurutnya, tokoh sipil maupun militer memiliki peluang yang sama menjadi cawapres Jokowi. Namun JK lebih cocok, karena memiliki karakter yang mampu menutupi kekurangan Jokowi.

“Kalau saya tidak melihat begitu signifikan, ya. Militer oke, sipil oke, militer yang purnawirawan ya, oke dua-dua,” kata Hanta.

Sebelumnya, Jusuf Kalla mengaku siap bila mendampingi dan menjadi Cawapres Jokowi. Namun, belum ada komunikasi untuk memasangkan dirinya menjadi cawapres Jokowi. Politisi senior Partai Golkar itu juga tak mau terlalu banyak berspekulasi terlalu jauh.

“Saya tidak pernah menolak. Kalau untuk bangsa, kita harus siap. Itu, kan untuk berbuat yang terbaik dengan bangsa ini,” pungkasnya.

Sumber: Jurnal Jakarta, 16 Maret 2014

Link: http://jurnaljakarta.com/berita-1718-jokowi–jk-pasangan-ideal.html