Pengamat: Ziarah ke Makam Bung Karno Sinyal Pasti Jokowi Maju di Pilpres

Sikap Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri yang mengajak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi berziarah ke makam Presiden Pertama Indonesia Soekarno dinilai memiliki makna penting. Kegiatan tersebut tak hanya untuk menghormati ayah Megawati, tetapi juga meminta restu agar Jokowi bisa maju di Pemilihan Presiden 2014.

“(Ziarah) itu memang ada sinyal-sinyal tertentu di dalamnya. Sinyal yang pasti, Jokowi akan maju di pilpres,” kata pengamat politik Hanta Yudha saat dihubungi, Jumat (14/3/2014).

Namun, menurut Hanta, maju di pilpres bukan berarti Jokowi akan menjadi calon presiden. Ia melihat masih ada kemungkinan Jokowi hanya diusung sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati.

“Sekarang kan skenario PDI-P memang hanya dua ini. Entah itu Jokowi maju sebagai (calon) presiden dan dicari pendampingnya lagi, atau Megawati (calon) presiden dan Jokowi jadi wakilnya,” kata Direktur Eksekutif Pol-Tracking itu.

Apalagi, kata dia, sampai saat ini masih terdapat dua faksi yang berlawanan di internal partai berlambang moncong putih itu. Dia melihat ada kubu yang mendorong Jokowi sebagai capres dan kubu lain masih menginginkan Megawati kembali maju di pilpres.

“Jadi ini memang belum bisa ditentukan sekarang. Mereka yang mendukung Jokowi pasti melihat ziarah kemarin sebagai sinyal untuk dukung Jokowi maju. Sebaliknya, mereka yang mendukung Mega juga begitu, mereka melihat itu sebagai sinyal Mega akan maju bersama Jokowi,” katanya.

Sebelumnya, seusai masuk ke Balaikota pada Rabu (12/3/2014), Jokowi tak keluar kantor hingga siang. Entah lewat mana Jokowi keluar, ternyata dia terbang ke Malang bersama Megawati. Dari Malang, Jokowi dan Megawati pergi ke Kota Batu kemudian melanjutkan ziarah ke makam Bung Karno di Kota Blitar.

Keduanya tak menjawab pertanyaan wartawan dan hanya tersenyum kepada wartawan seusai berziarah di makam Bung Karno. Jokowi mengatakan, ziarah tersebut dilakukannya secara mendadak.

Sumber: Kompas, Jum’at 14 Maret 2014

Link: http://nasional.kompas.com/read/2014/03/14/1046006/Pengamat.Ziarah.ke.Makam.Bung.Karno.Sinyal.Pasti.Jokowi.Maju.di.Pilpres