Poltracking Sebut Perjalanan PDIP Unik dan Menarik

Jakarta – Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda mengungkapkan perjalanan pencapaian dari PDI Perjuangan unik dan menarik. Hal itu disampaikan pada forum diskusi bertajuk “Kesiapan PDIP Menuju Pilkada 2020”, di kantor DPP Partai Kepala Banteng itu.

“Rekam jejak elektoral PDI Perjuangan luar biasa, jejak elektoral nya bisa digambarkan kurva terbalik,” kata Hanta di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 5 Agustus 2019.

Hanta menyebut, sejak tahun 1999 kemajuan begitu tergambar jelas dari partai yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri ini.

“Memang dibanding kan tahun 1999, lalu pemilu 2004, kemudian juga pada tahun 2009 turun terus hingga mendapat 94 kursi di DPR. Selanjutnya mulai terlihat perubahan pada tahun 2014, mendapat 109 kursi, dan sekarang 128 kursi,” jelasnya.

“PDI Perjuangan menang di pilpres dua kali, sebelumnya kalah dua kali.”

Ia mengatakan, hal ini dapat dikatakan menjadi sebuah prestasi. Namun, kekalahan juga pernah dialami partai berlambang banteng tersebut.

“Ini yang menarik, yang uniknya bukan perolehan hari ini, sekaligus hal ini menjadi tantangan. Jika kita banding kan partai Demokrat kurva, 2004 sebagai partai baru kemudian 2009 naik, 2014 turun, 2019 lebih turun lagi,” tuturnya.

Keunikan lainnya ialah saat Hanta menyebut kemenangan diraih PDIP sebanyak dua kali berturut-turut.

“PDI Perjuangan menang di pilpres dua kali, sebelumnya kalah dua kali juga pemetaan yang ke 2, tingkat institusionalisasi, yang membedakan adalah konsolidasi kuat itu kokoh,” kata Hanta.


sumber: https://www.tagar.id/poltracking-sebut-perjalanan-pdip-unik-dan-menarik