Survei Poltracking Pilgub Jatim, Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti

Suara Pembaruan, Jakarta – Partai Gerindra bersama PDI-P, PKS, dan PKB berkoalisi mengusung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Dalam survei yang digelar Poltracking Indonesia, elektabilitas keduanya masih kalah dibanding Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak. Pasalnya suara partai Gerindra terpecah ke pasangan tersebut selain ke pasangan yang diusung. Dari hasil survei, 52,2 persen pemilih partai tersebut memilih pasangan nomor urut satu, Khofifah-Emil.

“Itu masukan bahwa Gerindra belum maksimal soliditasnya sehingga ke depan kami akan maksimalkan dukungan partai terhadap kemenangan Gus Ipul-Puti,” kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ferry Juliantono dalam acara temuan survei Poltracking Indonesia bertajuk “Peta Elektoral Kandidat Cagub-Cawagub Pilkada Jawa Timur 2018” di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

Dari hasil survei yang juga menunjukkan masih banyaknya pemilih yang ragu-ragu dan belum memutuskan pilihan diyakininya masih memungkinkan membuat perubahan. Oleh karena itu ia juga yajin damam waktu dekat pihaknya bisa membantu memenangkan Pilkada Jatim.

“Kalau solid, rasanya suara orang yang belum memutuskan bisa ke kami,” katanya.

Ia mengatakan, Gerindra sedianya mendukung Gus Ipul dan Puti adalah keputusan resmi partai berlambang burung garuda tersebut. Pihaknya juga melihat bahwa Jatim merupakan salah satu potensi di luar kerja sama politik Gerindra, PKS dan PAN, dimana PKS bersama dukung Gus Ipul-Puti, tapi PAN mendukung Khofifah-Emil.

Namun sejalan dengan itu, katanya? Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam waktu dekat akan turun ke berbagai daerah yang menyelenggarakan pilkada, termasuk Jawa Timur untuk menggalang suara.

“Mudah-mudahan kehadiran beliau di beberapa titik di Jatim akan mendongkrak suara pasangan ini,” pungkasnya. [D-14]


Sumber: http://sp.beritasatu.com/home/survei-poltracking-pilgub-jatim-khofifah-emil-ungguli-gus-ipul-puti/123257