Survei Poltracking: Suara PKB Pecah, 50,2% Cenderung Memilih Khofifah – Emil

Jakarta, Gatra.com – Pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terpecah di Pilkada Jawa Timur. Partai yang didirikan oleh Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut mengusung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno.

Berdasarkan survei Poltracking yang dilakukan pada 6 – 11 Maret 2018, 50,5% pemilih PKB lebih memilih Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak. Khofifah diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB DPR RI dan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU.

“Pemilih PKB yang memilih Gus Ipul dan Puti Guntur yaitu 42,0%. Sisanya menjawab tidak tahu sebanyak 7,5%,” ungkap Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda di Jakarta, Senin (19/3).

Jawa Timur dikenal sebagai basis tradisional PKB dan memperoleh kursi terbanyak di DPRD Jawa Timur pada pemilu legislatif 2014. Gus Ipul pernah menjabat sebagai Sekjen PKB dan keponakan dari Gus Dur.

Selain PKB, Gus Ipul – Puti Guntur diusung oleh PDIP, PKS dan Partai Gerindra. Khofifah – Emil diusung oleh Partai Golkar, Demokrat, Nasdem, PPP, Hanura dan Partai Amanat Nasional.

“52,2% pemilih Partai Gerindra juga lebih condong ke Khofifah – Emil Dardak. Padahal partai ini mendukung pasangan Gus Ipul – Puti Guntur,” kata Hanta

Survei ini dilakukan kepada 1.200 responden yang memiliki hak pilih di Pilkada Jawa Timur dengan stratified multistage random sampling. Kepercayaan survei 95% dengan margin of error +/- 2,8%.

Reporter : Abdul Rozak
Editor : Sandika Prihatnala


Sumber: https://www.gatra.com/rubrik/nasional/pilkada-pilpres/313287-survei-poltracking-suara-pkb-pecah-50-cenderung-memilih-Khofifah-emil