Survey Pilkada Poltracking, Syamsuar tertinggi Andi Rachman Terendah

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Paslon gubernur dan wakil gubernur Riau nomor uUrut 1 Syamsuar dan Edy Natar unggul dalam survei yang dilakukan oleh Poltracking pada akhir bulan Februari 2018.

Dikatakan peneliti senior Poltracking Arya Budi, Syamsuar dan Edy Natar unggul dalam hal elektabilitas calon, yakni sebesar 19,8 persen, diikuti LE dan Hardianto sebesar 17,8 persen, Firdaus – Rusli 16,4 persen, dan petahana AYO 11,2 persen, dan sebesar 34,8 persen mengaku belum menentukan pilihan.

“Survei ini kami lakukan dengan simulasi kertas suara yang dibuat mirip dengan surat suara resmi dari KPU,” ujar Arya, Minggu 25 Maret 2018.

Survei yang memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen ini, lanjut Arya, tidak menjamin Paslon nomor urut 1 untuk menang, pasalnya selain selisih yang cukup dekat ini sangat kompetitif terlebih ada 34 persen lebih yang belum menentukan pilihan.

“Semua tergantung mesin politik dan isu yang akan berkembang nantinya, selain itu pemilih di Riau juga tingkat rasionalnya tinggi yakni 40,3 persen,” tambahnya.

Selain unggul dalam elektabilitas pasangan, Syamsuar dan Edy natar juga unggul masing-masing dalam elektabilitas individu yang dilakukan oleh Poltracking.

Sementara itu, untuk popularitas petahana masing unggul dibanding calon lainnya, yakni sebesar 63 persen diikuti Syamsuar, Lukman Eddy, dan Firdaus.

Dalam survei tersebut, kata Arya, pemilih cenderung menentukan pilihannya berdasarkan rekam jejak dan tingkat religius seorang calon.(2)

Laporan: Hasbullah Tanjung


Sumber: http://www.riauonline.co.id/riau/read/2018/03/25/survey-pilkada-poltracking-syamsuar-tertinggi-andi-rachman-terendah