Tak Bisa Lagi Sebut “Copras-capres”, Jokowi Mesti Beberkan Visi-Misinya

Direktur Pol-Tracking Institute Hanta Yuda mengatakan, kinerja Joko Widodo alias Jokowi selama di Jakarta bisa menjadi serangan dari lawan politiknya hingga pemilu presiden. Untuk itu, Jokowi harus menyampaikan pencapaiannya selama menjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Titik kelemahan yang bisa menjadi ancaman Jokowi, yaitu orang dan lawan politik akan mempertanyakan bagaimana kinerja dia di DKI selama ini,” ujar Hanta di Cikini, Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Hanta menambahkan, Jokowi perlu membeberkan bagaimana kondisi DKI Jakarta saat ia memimpin dibanding sebelumnya. Kondisi DKI Jakarta inilah yang nantinya akan dimanfaatkan lawan politik, terutama bakal capres parpol lain. Banyak parpol tidak senang dengan pencapresan Jokowi yang diputuskan sebelum pemilu legislatif itu.

Sebelum mendeklarasikan diri, Jokowi selalu menyatakan tidak memikirkan pencapresan karena sibuk membenahi Jakarta. Setelah deklarasi, tentunya Jokowi tidak bisa lagi mengucapkan hal itu.

“Mulai hari ini Jokowi tidak lagi bisa mengatakan copras-capres, survei-survei. Jokowi harus menyampaikan ke publik apa visi dan misinya kalau jadi presiden,” pungkas Hanta.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melalui suratnya yang ditulis tangan, tertanggal 14 Maret 2014, akhirnya memberikan mandat kepada Jokowi untuk menjadi calon presiden dari PDI-P. Jokowi pun menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan mandat itu.

Selain dukungan kepada Jokowi untuk menjadi capres, Megawati juga menulis surat edaran kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendukung pencalonan Jokowi, mengawasi jalannya pemilu supaya bersih, dan tetap menegakkan demokrasi di Indonesia.

Sekjen DPP PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan penetapan tersebut, pihaknya akan menawarkan satu paket selama kampanye terbuka nanti, yakni peserta pemilu dengan nomor urut 4 dan Jokowi sebagai bakal capres.

Sumber: Kompas, Sabtu 15 Maret 2014

http://nasional.kompas.com/read/2014/03/15/1519204/Tak.Bisa.Lagi.Sebut.Copras-Capres.Jokowi.Mesti.Beberkan.Visi-Misinya