Unggul dalam Kepemimpinan, JK Bisa Melengkapi Jokowi

Wakil Presiden RI periode 2004-2009 Jusuf Kalla atau JK dinilai cocok untuk mendampingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi yang bakal maju sebagai calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2014. JK dinilai dapat melengkapi kekurangan Jokowi.

“Orang yang bisa melengkapi Jokowi, Pak JK mungkin bisa masuk karena beliau unggul dalam leadership (kepemimpinan) dan pengambilan keputusan,” ujar pengamat politik Hanta Yuda di Cikini, Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Menurut Hanta, akan banyak partai politik yang menginginkan Jokowi. Untuk itu, partai politik harus pintar membangun koalisi. Hanta memprediksi, nantinya akan ada 3-4 pasangan capres dan cawapres 2014.

Menurutnya, tokoh sipil maupun militer memiliki peluang yang sama menjadi cawapres Jokowi. “Kalau saya tidak melihat begitu signifikan, ya. Militer oke, sipil oke, militer yang purnawirawan ya, oke dua-dua,” kata Hanta.

Beberapa waktu, JK mengaku siap bila ada yang memintanya menjadi cawapres bagi Jokowi. Namun, sejauh ini, menurut JK, belum ada komunikasi untuk memasangkan dirinya menjadi cawapres Jokowi. Politisi senior Partai Golkar itu juga tak mau terlalu banyak berspekulasi.

“Saya tidak pernah menolak. Kalau untuk bangsa, kita harus siap. Itu, kan untuk berbuat yang terbaik dengan bangsa ini,” kata JK beberapa waktu lalu.

Dalam sejumlah hasil survei menyatakan duet Jokowi-JK di Pilpres 2014 paling banyak didukung. Hasil survei Pusat Data Bersatu (PDB) beberapa waktu lalu, misalnya, menyebut Jokowi dan JK adalah pasangan yang paling ideal. Berdasarkan survei PDB, tingkat elektabilitas pasangan Jokowi-JK mencapai 17,4 persen

Sumber: Kompas, 15 Maret 2014

Link: http://nasional.kompas.com/read/2014/03/15/1459066/Unggul.dalam.Kepemimpinan.JK.Bisa.Melengkapi.Jokowi