Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

2 Opsi Agar Pemerintahan Jokowi-JK Berjalan Mulus

News & Blog

LIPUTAN6.COM – Pengamat politik Pol Tracking Hanta Yudha menilai, persoalan pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akan menemui kendala. Sebab, koalisinya di parlemen saat ini lebih sedikit dari kubu lawan politiknya. Namun, lanjutnya, sederhana untuk mengatasi hal tersebut.

Opsi pertama menurut Hanta, pengalaman JK yang sangat piawai bernegosiasi harus kembali ditunjukkan. JK adalah salah satu tokoh Golkar, partai yang saat ini merapat ke kubu pasangan capres dan cawapres yang tidak terpilih, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
“Persoalan pemerintahan itu sederhana saja, itu hanya terkait relasi antar eksekutif dan legislatif. Pak JK itu piawai sekali dalam hal bernegosiasi,” ujar Hanta dalam diskusi bertajuk ‘Transisi, Mewujudkan Pemerintahan dari Rakyat, oleh Rakyat dan untuk Rakyat’, di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/8/2014).
Sementara opsi kedua, kata Hanta, mengajak berkoalisi partai yang sebelumnya tidak mendukung kubu Jokowi-JK pada Pilpres 2014. “Bisa mengajak PAN dan PPP, saya rasa 2 partai itu bisa berkoalisi.”
“Tapi kalau PKS dan Gerindra tidak mungkin mau. Nah jika itu terealisasi, posisi pemerintah akan berjalan efektif, karena kursi di DPR sekitar 56% dan jadi mayoritas,” sambung dia.
Jika itu terlaksana, lanjut Hanta, diyakini Pemerintahan Jokowi-JK akan berjalan mulus pada awal pemerintahan. “Jika sudah bisa begitu, maka dengan cara kerja seperti Pak Jokowi, maka 100 hari pertama memimpin itu akan terlihat. Tentu dengan tim koalisinya, karena politik itu tak terlepas dari peran koalisi,” tandas Hanta.
Sumber : liputan 6,10 Agustus 2014
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.