Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Ade Komarudin Diperkirakan Bakal Hadapi Poros Setya Novanto

News & Blog

CNNINDONESIA.COM – Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memprediksi hanya ada dua kandidat yang akan berebut kursi ketua umum dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar, 23 Mei mendatang. Saat ini memang ada banyak nama calon. Namun bebeberapa calon diperkirakan akan mendukung pada salah satu calon.

Dua nama yang akan berhadapan menurut Hanta adalah Ade Komarudin dan Setya Novanto. Sementara nama-nama bakal calon lain seperti Aziz Syamsudin dan Idrus Marham akan bergabung mendukung Setya Novanto.

“Untuk sementara, petanya Ade Komarudin dengan Poros Setya Novanto,” kata Hanta, di Kantor Jenggala Center, Jakarta, Jumat (29/4).

Dia menjelaskan, baik Ade maupun Setya akan mampu melewati syarat dukungan 30 persen suara. Tak hanya itu, Hanta menilai keduanya juga memiliki kekuatan logistik dan finansial yang kuat.

Namun Hanta menilai Ade punya poin lebih karena saat ini menjabat sebagai Ketua DPR. Lain hal jika Ade saat ini tidak menduduki jabatan strategis dalam parlemen.

Meski demikian, Hanta juga melihat masih ada potensi satu nama lain yang akan ikut meramaikan perebutan kursi ketua umum selain Ade dan Setya. Nama itu, kata dia, akan diisi oleh Airlangga Hartarto dan Idrus Marham.

“Mungkin dari dua nama itu, yang lain agak sulit menurut saya,” ujarnya.

Pada akhirnya, Hanta meyakini akan terjadi head to head seperti tradisi Munas Golkar di era reformasi. Dia mencontohkan, pada tahun 1998, Akbar Tandjung berhadapan dengan Edi Sudrajat.

Tahun 2004, Akbar Tanjung berhadapan dengan Jusuf Kalla, dan pada 2009, Aburizal Bakrie dengan Surya Paloh. “Nah sekarang kemungkinan akan terbelah di dua itu,” ucap Hanta.

Sebelumnya, Politikus Senior Partai Golkar Muladi memperkirakan, hanya tiga kader yang akan konsisten memperebutkan posisi ketua umum dalam Munaslub.

“Jago-jagonya kan Ade Komarudin, Setya Novanto, dan Airlangga Hartarto,” ujar Muladi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/4).

Menurutnya, calon ketua umum ini memiliki kemampuan finansial yang luar biasa. Selain itu, mereka bisa mendapatkan dukungan besar dari organisasi pendiri, seperti SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) dan Kosgoro (Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong).

Ade Komarudin merupakan Ketua Umum SOKSI. Adapun Setya Novanto menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kosgoro. (sur)
Sumber : www.cnnindonesia.com/politik/20160429175316-32-127625/ade

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.