Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Golkar Harus Pilih Ketua Umum Orang Jawa

News & Blog

PENGAMAT Politik Hanta Yudha menyarankan Partai Golkar sebaiknya mengusung calon ketua umum dari kalangan masyarakat Jawa jika memiliki pola pemikiran bahwa ketua umum identik dengan calon presiden.
“Ketua umum Golkar identik calon presiden,” ujar Hanta.
Namun, kata Hanta, jika partai berlambang pohon beringin ini tidak memiliki pemikiran tersebut, maka kesukuan tidak menjadi persoalan. “Itu kalau berpikir ketua umum akan identik dengan capres. Tetapi kalau tidak, enggak penting. Yang penting kokoh di internal, membesarkan partai politik menjadi simbol,” ucap Hanta.
Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tandjung menyinggung soal calon ketua umum Golkar dari kalangan masyarakat Jawa.
Akbar mengatakan, sudah layak jika Partai Golkar saat ini dipimpin oleh orang berlatar belakang budaya Jawa. “Kalau sekarang orang Jawa, saya kira sudah pantas juga,” ujar Akbar.
Partai berlambang pohon beringin ini sejak masa orde baru lekat dengan kebudayaan Jawa. Saat itu pengaruh Presiden kedua, Soeharto cukup kuat kepada Golkar.
Meski demikian, kata Akbar, faktor kebudayaan tidak selalu menentukan kualitas kepemimpinan. Ia mengatakan, sesuai fakta bahwa Golkar pernah juga dipimpin oleh orang-orang yang bukan berlatar belakang budaya Jawa, termasuk dirinya yang merupakan orang Sumatera Utara. “Pertama saya sendiri, kemudian Jusuf Kalla dan Aburizal Bakrie,” ucap Akbar.(nic/wly)

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Dewi Agustina

SUMBER : http://www.tribunnews.com/nasional/2016/05/08/golkar-harus-pilih-ketua-umum-orang-jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.