Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Pol-Tracking: Elektabilitas Jokowi Jauh Ungguli Prabowo, Ical dan Wiranto.

News & Blog

DETIK.COM – Elektabilitas capres PDIP Joko Widodo makin sulit dikejar kandidat capres lain. Menurut survei yang digelar lembaga Pol-Tracking, elektabilitas gubernur DKI itu untuk dipilih publik sebagai capres menembus angka 40 persen.

Pol-Tracking Institute mengeluarkan hasil survei nasional bertajuk ‘Prediksi Elektabilitas Partai pada Pemilu 2014: Mengukur Pengaruh Pencapresan Jokowi dan Tone Pemberitaan 15 Media Mainstream pada Masa Kampanye’. Seluruh kegiatan riset dan survei dilakukan pada 17-24 Maret 2014 secara serempak di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dan 15 media massa mainstream untuk riset media monitoring.

Berdasarkan jumlah ini, margin of error sebesar 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Penarikan sampel survei ini menggunakan metode multi-stage random sampling untuk survei dan purposive sampling untuk riset media monitoring.

“Temuan-temuan dalam survei ini sebenarnya cenderung tetap, bila dalam beberapa waktu ke depan bila tidak ada ‘tsunami politik’ atau ‘gempa-gempa politik’ berskala besar yang dapat mengubah secara ekstrem peta raihan elektabilitas partai maupun capres secara keseluruhan,” ujar Direktur Eksekutif Pol-Tracking Hanta Yuda dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (4/4/2014).

Hasil survei tersebut menunjukkan, jika responden ditanya dengan pertanyaan terbuka (top of mind), Jokowi jauh memimpin elektabilitas dengan 34,2%, disusul oleh Prabowo 12,4%, Aburizal Bakrie 8,1%, dan Wiranto 5,3%.

Jika simulasi dengan menggunakan dengan empat capres, yakni Joko Widodo, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, dan Wiranto, maka akan diperoleh hasil berturut-turut peringkat pertama adalah Jokowi (41,2%), di peringkat berikutnya Prabowo (15,2%), ARB (12,2%), dan Wiranto (8,1%).

Sumber: detik.com, 5 April 2014

Detik.com : Pol-Tracking: Elektabilitas Jokowi Jauh Ungguli Prabowo, Ical dan Wiranto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.