Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Poltracking Ungkap Empat Kandidat Terkuat di Pilgub Jatim

News & Blog

BERITASATU.COM – Lembaga survei Poltracking Indonesia menyebutkan empat figur terkuat di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018. Empat figur ini, dinilai berpotensi menjadi Calon Gubernur (Cagub) Jatim.
Empat figur ini mencuat dari hasil survei Poltracking Indonesia pada 19 Mei sampai 25 Mei 2017 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden 800 orang dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
“Kami temukan empat figur yang mempunyai elektabilitas tinggi untuk menjadi gubernur Jatim, yakni Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul disusul Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Menteri Kesehatan Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).
Dalam survei tersebut, kata Hanta, keempat kandidat ini memiliki potensi keterpilihan yang tinggi dalam berbagai simulasi. Jika simulasinya hanya empat kandidat, lanjutnya, elektabilitas Saifullah Yusuf sebesar 32,29 persen, disusul Tri Rismaharini 27,08 Persen, Khofifah Indar Parawansa 19,11 persen, dan Abdullah Azwar Anas 8,47 persen.
“Keempat nama ini muncul bukan tanpa alasan, selain tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas tinggi, mereka juga mempunyai kualitas personal yang disukai dan diinginkan publik Jatim. Masyarakat Jatim tentunya mengingingkan pemimpin yang jujur, merakyat, terbukti dan berpengalaman,” jelasnya.
Hanta menjelaskan, Gus Ipul merupakan kandidat incumbent dengan penilaian kinerja cukup baik sebagai Wagub Jatim dan juga figur berpengaruh di kalangan Nadliyin. Publik Jatim juga mempersepsikan Gus Ipul sebagai kandidat yang mampu memimpin dan religius.
Sedangkan Risma merupakan kepala daerah yang dinilai berhasil memimpin Kota Surabaya dan dipersepsikan sebagai figur kandidat yang peduli, merakyat, jujur, berprestasi, berani, kreatif dan cerdas.
“Sedangkan Khofifah merupakan Menteri Sosial yang cukup berhasil dan tokoh NU yang berpengaruh di Jawa Timur. Sementara, Abdullah Azwar Anas merupakan bupati sukses, kreatif dan inovatif,” ungkap dia.
Selain berpotensi jadi Cagub, kata Hanta, Azwar Anas relatif paling menonjol elektabilitasnya sebagai Wagub. Pasalnya, lanjut dia, Azwar Anas selama ini dikenal sebagai kepala daerah berprestasi, kreatif dan inovatif.
“Selain itu, Azwar Anas dikenal sebagai figur bersih dan mampu membuat harum Provinsi Jawa Timur melalui program Kampung Cerdas di Banyuwangi yang digagasnya dan tercatat sebagai salah satu kepala daerah yang mendapat pemberitaan cukup masif di media massa,” jelas dia.
Secara popularitas, kata Hanta, nama Khofifah merupakan nama yang paling dikenal oleh publik sebanyak 76 persen. Kemudian disusul Risma 70 persen, dan Azwar Anas 33 persen. Sedangkan untuk akseptabilitas, Risma merupakan kandidat yang paling disukai publik sebesar 66 persen, disusul Gus Ipul 63 persen dan Khofifah 59 persen.(*)
Oleh: Yustinus Paat / FER
SUMBER : http://www.beritasatu.com/nasional/435920-poltracking-ungkap-empat-kandidat-terkuat-di-pilgub-jatim.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.