Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Presiden Jokowi Perlu Perbaiki Komunikasi Pemerintah

News & Blog

BERITASATU.COM – Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, Presiden Joko Widodo perlu memperbaiki cara berkomunikasi pemerintah kepada masyarakat. Menurutnya sejauh ini cara komunikasi Jokowi dan jajarannya terkait program kerja pemerintah cenderung buruk.
“Bagaimana caranya pemerintah punya sistem komunikasi yang rapi dan kokoh. Pemerintah perlu memperbaiki strategi komunikasinya,” katanya kepada wartawan di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/4).
Turunnya tingkat kepuasaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, kata Hanta, salah satunya disebabkan tidak adanya cara komunikasi yang mantap dari baik Jokowi maupun jajaran menterinya perihal program-program yang sedang dijalankan pemerintah.
Hanta membandingkannya dengan era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di mana ketika program-program pemerintah dinilai masyarakat tidak memuaskan, yang disalahkan publik justru menterinya.
“SBY tidak tersentuh opini publik. Yang dianggap tidak becus menterinya bukan presiden. Kalau sekarang, kebalikannya, yang jadi bemper justru presidennya,” ujarnya.
Dia mengakui bahwa kondisi politik saat ini berbeda dengan era SBY. Waktu itu sebagai presiden, SBY juga merupakan Ketua Umum Demokrat sehingga posisinya nyaris stabil. “Kalau sekarang karena Presiden Jokowi tidak memiliki jabatan tinggi di PDI-P, orang jadi cenderung mendiskreditkannya sebagai presiden,” pungkasnya.
Hizbul Ridho/JAS
Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/266741-presiden-jokowi-perlu-perbaiki-komunikasi-pemerintah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.