Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Survei: Ridwan Kamil Kandidat Terkuat Gubernur Jawa Barat

News & Blog

CNNINDONESIA.COM – Hasil survei lembaga Poltracking Indonesia menunjukkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai kandidat terkuat menjadi Gubernur Jawa Barat.
Dalam pemaparan hasil survei yang dilakukan pada 18-24 Mei 2017, Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha mengatakan ada lima kandidat terkuat untuk menjadi Gubernur Jawa Barat di Pilkada 2018. Kelima orang itu adalah Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, Dede Yusuf, dan Abdullah Gymnastiar.
“Elektabilitas tertinggi Ridwan Kamil terpaut cukup jauh, signifikan, pada top of mind. Ini (survei top of mind) melibatkan 25 kandidat. Dia disusul Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, Dede Yusuf, dan Aa Gym,” kata Hanta di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (8/6).
Poltracking melakukan tujuh simulasi dalam surveinya kali ini. Simulasi pertama, ada 25 nama tokoh yang disodorkan menjadi calon gubernur. Hasilnya, Ridwan meraih pilihan terbanyak dengan persentase 38,13 persen.
Pada simulasi kedua, ada tujuh kandidat gubernur yang namanya dimunculkan yaitu Ridwan, Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, Dede, Aa Gym, Desy Ratnasari, dan Rieke Diah Pitaloka. Hasilnya, Emil tetap meraih dukungan terbanyak dengan persentase 41,38 persen.
Pada simulasi ketiga, nama Rieke dihilangkan dari daftar pilihan. Dukungan terhadap Emil turun ke persentase 41,25 persen. Kenaikan tipis diraih Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi yang meraih 15,75 dan 11 persen.
Simulasi keempat ada lima cagub yang ditawarkan Poltracking. Emil, sapaan Ridwan, meraih 42,75 persen dukungan pada tahap tersebut. Elektabilitasnya disusul Deddy (16,38 persen), Dedi (11,25 persen), Dede (9,75 persen), dan Aa Gym (6,50 persen).
Keunggulan Emil bertahan hingga ia diduelkan dengan Deddy Mizwar pada simulasi terakhir. Emil meraih 53,75 persen dukungan melawan 23,50 persen suara yang diraih Deddy Mizwar. Sementara ada 22,75 persen responden yang belum menentukan pilihan.
“Alasan kenapa memilih itu yang tertinggi karena faktor berpengalaman, kemudian merakyat, bijaksana, terbukti, dan jujur,” kata Hanta.
Dede Yusuf untuk wakil gubernur
Pada simulasi survei untuk membaca peta dukungan calon wakil gubernur, politikus Partai Demokrat Dede Yusuf mendapat dukungan terbanyak dari responden.
Mantan Wagub Jawa Barat periode 2008-2013 itu dipilih oleh 26,13 persen orang yang mengikuti survei. Perolehan tersebut mengalahkan Dedi Mulyadi (14,88 persen) dan Aa Gym (11,13 persen).
Hanta mengatakan, hasil survei ihwal peta dukungan di Pilkada Jawa Barat saat ini belum bisa memastikan siapa kandidat yang akan menjadi pemenang pesta Lima tahunan tersebut. Menurutnya, banyak faktor dapat mempengaruhi fluktuasi dukungan hingga hari pemilihan tiba tahun depan.
“Peta politik menjelang pilkada masih sangat dinamis. Potensi adanya perubahan dukungan masih sangat mungkin terjadi,” katanya.
Survei Poltracking dilakukan dengan melibatkan 800 responden yang tersebar di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Sampel terbanyak diambil dari Kabupaten Bogor dengan persentase 10 persen dari total responden.
Survei tersebut dilakukan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Setiap responden diwawancara secara tatap muka oleh para surveyor. (gil)
Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170608194544-32-220443/survei-ridwan-kamil-kandidat-terkuat-gubernur-jawa-barat/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.