Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Partai Golkar dinilai makin tersandera faktor eksternal

News & Blog

MERDEKA.COM – Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha menilai, otonomi Golkar kian melemah. Penyebabnya adalah pergerakan Golkar sangat ditentukan dari faktor eksternal.
“Semakin kemari, otonom Golkar melemah, Golkar bergerak ditentukan pendukung di luarnya, eksternal. Dulu di awal reformasi, kalau kemudinya dulu dipegang Akbar (Tanjung), semakin ke sini, penguasa bayangan, ditentukan faktor eksternal lebih besar,” kata Hanta di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta, Minggu (21/5).
Hanta mengungkapkan, sejumlah masalah dan tantangan dari Golkar ke depan. Pertama, suara Golkar bakal terus merosot jika tidak melakukan inovasi dalam hal paradigma dan konsep kepartaian. Sebab, mayoritas pemilih Golkar telah berusia lanjut dan jumlahnya kian sedikit.
“Golkar butuh brand baru dengan kondisi partai baru. Saya mengikuti Munaslub Bali tidak ada kebaruan malah kemunduran,” ujarnya.
Selain itu, Hanta melihat masalah Golkar bukan berada di eksternal melainkan di internal partainya sendiri. “Golkar bukan musuhnya di luar, problemnya melawan dirinya sendiri. Golkar teruji melawan di luar. Gimana mengolah faksi di Golkar, itu bukan aib tapi membuat dinamis,” terangnya.
Masalah lainnya, relasi yang dibangun Golkar dengan elemen kekuasaan sangat kuat. Sehingga, ketika Golkar memiliki masalah maka akan sangat bergantung pada penguasa.
“Ketiga, relasi eksternal partai terutama relasi kekuasaan, semakin tinggi beban elektoral, maka semakin tinggi ketergantungan kepada kekuasaan. Tingkat ketersanderaan Golkar semakin tinggi,” tegasnya. [rnd]
Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
SUMBER : https://www.merdeka.com/politik/partai-golkar-dinilai-makin-tersandera-faktor-eksternal.html
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.