Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Poltracking: Elektabilitas Nurdin Halid-Aziz Tertinggi Jelang Pilgub Sulsel

News & Blog

KOMPAS.COM – Hasil Survei Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Muzakkar (NH-Aziz) tertinggi dan mengalahkan elektabilitas beberapa bakal paslon lainnya dalam Pilgub Sulsel yang akan digelar 2018 mendatang.
Hasil survei yang bertemakan “Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah dan Trend Elektabilitas Cagub-Cawagub Sulawesi Selatan 2018” dirilis Senior Manajer Riset Poltracking, Arya Budi, di Hotel Ibis, Makassar, Minggu (24/9/2017).
Menurut Arya, pasangan nasionalis-religius ini cenderung lebih unggul dari tiga kandidat pasangan lainnya.
Pasang lainnya yakni Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar (IYL-Cakka), Nurdin Abdullah-Tanribali Lamo, dan Agus Arifin Nu’mang-Aliyah Mustika Ilham.
“Kalau Pilgub Sulsel digelar sekarang, NH-Aziz yang akan terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. Di mana dalam simulasi, elektabilitas 4 kandidat pasangan yakni NH-Aziz dipilih oleh 19,79 persen responden,” ujar Arya.
Bakal paslon dengan elektabilitas kedua yakni IYL-Cakka (17,39 persen), Nurdin Abdullah-Tanribali (16,37 persen), dan Agus-Aliyah (8,95 persen).
Jika hanya 3 pasangan terunggul pada simulasi Pilgub Sulsel, lanjut Arya, NH-Aziz tetap meraih perolehan tertinggi dengan 22,85 persen keterpilihan publik.
Sementara, IYL-Cakka memperoleh suara sebanyak 19,69 persen dan NA-Tanribali sebanyak 17,14 persen.
“Hal serupa juga terjadi pada simulasi head to head yakni 2 kandidat pasangan antara NH-Aziz dan IYL-Cakka. Elektabilitas NH-Aziz unggul dengan 26,43 persen dan IYL-Cakka 23,79 persen,” lanjut Arya.
“Sementara itu, responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab pada ketiga simulasi tersebut berkisar 37,50 persen; 40,32 persen; dan 49,78 persen,” kata Arya lagi.
Arya mengungkapkan, pasangan NH-Azis elektabilitasnya tertinggi lantaran mesin politik yang dikendarainya yakni Partai Golkar. Partai Golkar di Sulsel memiliki basis kuat dengan 18 kursi di DPRD Sulsel.
“Eletabilitas NH-Azis tertinggi karena partai yang dikendarainya. Kedua, personal branding dan perguliran isu di media. Hal tersebut juga turut meningkatkan tren keterpilihan pasangan NH-Aziz hingga saat ini,” tandasnya.
Survei Poltracking Indonesia dilakukan pada 10 hingga 17 Agustus lalu dengan jumlah 800 responden yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan se-Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin error +/- 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
Penulis Kontributor Makassar, Hendra Cipto
EditorSabrina Asril
Sumber: http://regional.kompas.com/read/2017/09/24/20144251/poltracking-elektabilitas-nurdin-halid-aziz-tertinggi-jelang-pilgub-sulsel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.