Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

Rekrut PAN, Jokowi Mainkan Politik Soekarno

News & Blog

OKEZONE.COM – Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, menjelaskan, perpindah haluan politik Partai Amanat Nasional (PAN) dengan mendukung pemerintah, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini berhasil merubah peta politik.

Perubahan peta politik itu, Kata Yuda, menjadikan mantan Wali Kota Solo ini berhasil membuat tripolar dalam konstalasi politik di Indonesia yakni, berporos pada Istana, KIH dan KMP.

“Tripolar ini akan membuat Jokowi semakin kuat dipemerintahan. Karena PAN telah menjadi pendukung pemerintah,” kata Yuda, pada Diskusi Polemik Sindo Trijaya, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/9/2015).

Menurut Yuda, Presiden Jokowi telah memainkan politik layaknya Presiden Soekarno dalam memimpin negara pasca-kemerdekaan. Namun, Yuda menjelaskan, keadaan politik tripolar seperti ini dapat membahayakan Presiden Jokowi dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Presiden Soekarno pernah memainkan politik seperti ini, di mana ada PKI dan TNI AD memainkan tripolar. Jadi ini pemerintah masih baru sehingga sifatnya pemerintah ingin sedikit membangun pola ini dan sebenarnya berbahaya kalau Jokowi tidak bisa menguasainya,” paparnya.

Yuda menduga, dukungan yang diberikan PAN kepada pemerintah lantaran partai berlambang matahari ini telah dijanjikan jabatan struktural oleh Presiden. Menurutnya, janji-janji tersebut bisa saja terkait beberapa kepentingan yang ada di negara ini.

“Kepentingan itu bisa saja berkaitan dengan kebijakan di APBN karena ada persoalan secara ekonomi bisa menukar kebijakan Presiden. Misalnya dana talangan, dan bisa ditukar dengan pelindungan hukum, yang pasti ada tiga keuntungan akses kekuasaan, bisa ekonomi politik dan dalam bisa saja perlindungan hukum, dalam politik ada kompensasi seperti itu sah-sah saja,” tukasnya.

 
Sumber: https://news.okezone.com/read/2015/09/05/337/1208980/rekrut-pan-jokowi-mainkan-politik-soekarno

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.