Informasi lebih lanjut hubungi 0811914812 / 081294084328

News & Blog

PDIP Harus Teliti Calonkan Pasangan Calon Pilkada DKI

News & Blog

TRIBUNNEWS.COM– Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha menilai PDI Perjuangan harus cermat dalam mencalonkan pasangan calon dalam pilkada DKI Jakarta mendatang.

Hanta memiliki catatan yang perlu diperhatikan oleh PDI Perjuangan, jika nantinya mengusung Tri Rismaharini sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.
“Jadi siapa yang akan disiapkan untuk Surabaya Pascarisma? Kandidat untuk Jawa Timur juga siapa kalau bukan Risma?” ujar Hanta dalam diskusi Polemik bertajuk Sinema Politik Pilkada DKI di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

“Karena ini ada variabel Pak Jokowi. Iya, Jokowi Presiden dan kader PDIP. Misalnya PDIP tidak dukung Ahok, dukung Risma misalnya, tentu harus bisa yakinkan Pak Jokowi. Itu tantangan berat yakinkan Jokowi,” kata Hanta.
Lalu bagaimana jika nantinya PDIP mengusung Ahok? Hanta mengatakan perlu pertimbangan yang didasarkan analisis yang cermat, akankah mencalonkan Ahok nantinya tidak akan berpengaruh negatif pada Pemilu 2019 mendatang.
“Pun sebaliknya, kalo dukung Ahok, tadi Pak Eriko (Sotarduga) mengatakan jangan sampai salah langkah. Intinya gara-gara dukung kandidat ini nanti tergerus di 2019,” tutur Hanta.
Sebab, Hanta mengatakan, bicara DKI Jakarta tidak lepas dari politik nasional, tentu akan berpengaruh juga ke Pemilu 2019 mendatang.
“Jadi peta politik DKI itu tidak bisa lepas dari konstelasi politik nasional, termasuk misalnya PPP, kenapa agak ragu gabung Gerindra? Karena Gerindra di luar pemerintahan. Sementara PPP di dalam pemerintahan, PKB juga. Termasuk PAN,” kata Hanta.(*)

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak

SUMBER : http://www.tribunnews.com/nasional/2016/09/17/pdip-harus-teliti-calonkan-pasangan-calon-pilkada-dki

Leave a Reply

Your email address will not be published.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.